Belanja Online Aman Pakai Debit Mastercard

Assalamualaikum…Kemarin kebetulan aku diundang oleh Mastercard untuk sosialisasi amannya berbelanja memakai kartu debit. Sekilas info, aku emang anaknya pengabdi debit banget. Karena dari dulu aku gak punya kartu kredit. Kenapa? Anaknya terlalu main aman soalnya haha!



Acara semi talkshow kemarin dihadiri oleh Tarra Budiman (influencer yang kebetulan saat ini sedang menantikan kelahiran anak pertamanya), Saskhya Aulia Prima (Psikolog dan Co-founder Tiga Generasi), dan Tommy Singgih (Direktur Mastercard Indonesia).


Karena beberapa hari lagi kita akan memperingati hari Ibu, maka tulisan ini akan aku dedikasikan untuk seluruh ibu-ibu dan khususnya calon ibu di luar sana. Kenapa kok ibu-ibu? Karena dalam laporan “Digital Mom and Baby Shopper Profile in Indonesia” mengungkap bahwa 66% dari para konsumen Indonesia berbelanja produk kategori Ibu dan Anak secara online. Mengingat akan kepraktisan e-commerce dalam hal kenyamanan dan variasi merek. Selain itu konsumsi waktu yang lebih sedikit juga menjadi faktor pendorong yang kuat.

Bagi calon orang tua baru, menyiapkan kebutuhan untuk anak pertama tentu akan memakan waktu. Belum lagi list “perintilan” yang seakan gak ada habisnya, ungkap Tarra Budiman saat ditanya bagaimana perasaannya dalam menyambut kelahiran anak pertamanya yang saat ini istrinya sedang mengandung usia 36 minggu.



Pembelanjaan online terbesar dialokasikan pada Baby Clothing dan Baby Gear. Alangkah bersyukurnya kita bisa hidup pada era digital jaman sekarang yang semua serba mudah, nyaman, dan praktis. Belanja online semudah “as a click” kita tinggal nunggu duduk anteng lalu paket kita akan diantar ke rumah.

Namun jangan terlena dulu, teknologi jaman now seperti dua mata pisau. Satu sisi dapat menguntungkan tapi sekaligus juga berbahaya untuk kita. Apa bahayanya? Yang paling krusial pada saat berbelanja online tentu pada saat pembayaran. Ini menjadi faktor utama yang akan menentukan keberhasilan proses pembelanjaan kita.

Beranjak dari fakta bahwa kartu debit dapat dimiliki oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat, maka kali ini Mastercard ingin menyampaikan kepada para konsumer, terutama pengguna e-commerce atau yang suka berbelanja online, bahwa kartu debit Mastercard dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang canggih seperti Mastercard SecureCode. Fitur ini menawarkan password satu kali pakai (one-time-password/OTP) yang akan dikirimkan melalui SMS oleh bank penerbit kartu Anda, dan hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi sehingga mencegah kemungkinan direplikasi dengan tujuan penipuan.

Selanjutnya kenyamanan dari kartu debit Mastercard ini adalah bahwa Anda sendiri yang pegang kendali atas uang Anda. Beda dengan kartu kredit yang dipakai adalah uang bank. Setiap transaksi pembelian menggunakan kartu debit dapat ditelusuri dan di lindungi secara real time. Hal ini dapat mempermudah untuk memonitor pengeluaran, mengecek serta melaporkan transaksi yang tidak sah.

Selanjutnya ada beberapa tips aman berbelanja online yang disampaikan langsung oleh Tommy Singgih (Direktur Mastercard Indonesia):
-          Hindari berbelanja di website yang tidak di kenal sama sekali/tidak resmi.
-         Pastikan laman pembayaran untuk memasukkan detail kartu aman. Hanya masukan data jika ada simbol gembok dalam jendela browser Anda. Alamat website yang dimulai dengan “https” (catatan: huruf “s” merupakan singkatan untuk “secured” atau aman), menandai bahwa informasi apapun yang Anda masukkan terlindungi dengan aman.
-          Kalau sudah dapat SMS OTP, jangan sekali-kali di-share ke orang lain, karena OTP is only for you.

Demikian beberapa hal yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita mengenai cara aman berbelanja online. Karena belanja online sendiri sudah menjadi gaya hidup masyarakat, maka kita juga harus pintar dan bijak dalam menggunakannya, khususnya penggunaan kartu debit Mastercard.

Terima kasih sudah membaca, di tunggu untuk sharing comment-nya buat yang sudah dan hobi berbelanja online.

Wassalamualaikum Wr Wb.






Komentar

  1. bener ni harus hati2 banget deh jaman sekarang karena godaan onlineshop sunggung sangat besaaarr. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bgt.. makin banyak godaan bayar2 jugaa hehee

      Hapus
  2. Emg nyaman bgt ya bagi buibu klo belanja online.. Hohoho.. Aku suka kalau pakai sesuatu yg hrs pakai password lagi, jadi yakin lebih aman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah paling aman kalau pake password apalagi OTP gtu ya makin akurat deh rasanya

      Hapus
  3. Aku juga kemana mana bayar ini itu pakai kartu debet.. Praktis. Sekarang baru ngeh bisa belanja online pake debit mastercard, lebih aman terkendali yaaa soalnya bukan credit card. Thanks infonya romiyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 inkaa.. iyaa aku pun juga paling suka pakai debet hadi bisa kontrol diri jg hehe

      Hapus

Posting Komentar