Manfaat mandi air hangat dengan pemanas air Ariston



Sebelum menjadi ibu, mempunyai sebuah pemanas air sepertinya belum menjadi kebutuhan utama. Namun sejak memiliki seorang bayi, otomatis pemanas air seakan-akan menjadi skala prioritas utama. Bagaimana tidak, karena artinya kegiatan mandi dengan air hangat mendadak menjadi rutinitas kebutuhan setiap hari / setiap pagi. Apalagi saat usia anak mulai dari 0-5 bulan, teringat betul ketika saya hampir setiap pagi harus bangun lebih pagi untuk merebus air mandi si buah hati. Saya harus menyiapkan segala sesuatunya minimal setengah jam sebelumnya. Belum lagi waktu yang saya habiskan untuk menunggu air panas  itu berubah menjadi air yang hangat suam-suam kuku agar siap dipakai untuk mandi. Yang menjadi tantangan juga adalah ketika harus memindahkan air yang sudah matang tersebut ke dekat kamar mandi atau ember (bak) yang di gunakan untuk mandi. Sungguh suatu “kerepotan” yang biasa terulang setiap pagi.







Sebelumnya kita kenali dulu, mengapa mandi air hangat sebegitu pentingya? Karena sesungguhnya memang banyak sekali manfaat yang di dapat, khususnya bagi seorang bayi. Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa mandi air hangat dapat membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman. Jangankan bayi, bagi orang dewasa saja tentunya mandi air hangat dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh, meredakan demam (jika sedang terkena flu), menghilangkan stres, menyehatkan jantung dan mencegah penyakit insomnia atau gangguan tidur.






Dari dulu sebenarnya masih maju mundur untuk memutuskan memakai pemanas air di rumah atau tidak. Yang menjadi bahan pertimbangan utama yaitu dari segi harga dan jenisnya. Tapi beruntung sekali ketika kemarin saya menghadiri event yang di adakan oleh Mommies Daily dan Ariston Thermo Indonesia. Saat itu sudah di paparkan dengan  jelas dan detail mengenai “lebih hemat dan aman mana” antara kebiasaan merebus air bila di bandingkan dengan menggunakan pemanas air ariston. Yang membuat saya “melek” seketika yaitu value to money yang tenyata setelah di hitung dengan detail pengeluaran setiap bulannya ternyata jauh lebih hemat dengan menggunakan pemanas air ariston. Sudah di hitung dengan besarnya biaya listrik yang di keluarkan juga lho. Kurang lebih seperti ini perhitungannya.

 

Setelah tertarik untuk beralih menggunakan pemanas air dari Ariston, tentu yang menjadi bahan pertimbangan selanjutnya adalah “Bagaimana memilih tipe / jenis pemanas air yang cocok dan sesuai di rumah kita?” Berikut saya akan sharing tentang tips memilih pemanas air:
- Jumlah penghuni
(Berkaitan dengan kapasitas tangki air. Misal: 15 liter idealnya untuk 2 orang penghuni, dan 30 liter bisa dipakai untuk 3 sampai 4 orang)
- Pipa instalasi
(Di perlukan 2 instalasi yaitu pipa untuk air panas dan air dingin, berkaitan juga dengan peletakan water heater di dalam kamar mandi atau area lain)
- Daya listrik
(Ini sangat penting dan harus di sesuaikan dengan kapasitas yang di miliki, sehingga penggunaan water heater tidak mengganggu urusan listrik lainnya di rumah. Untuk kapasitas tangki air 15, 20, dan 30 liter bisa digunakan di rumah dengan kapasitas daya listrik 350 watt)
- Energi
(Terdapat 2 sumber energi, yaitu water heater berenergi tata surya yang memiliki harga tinggi namun bisa untuk investasi jangka panjang dan juga ada water heater yang berenergi listrik atau gas dengan harga terjangkau tapi untuk pengoperasiannya kita juga perlu menyiapkan biaya pengeluaran untuk membayar listrik atau gas)
- Keamanan dan Perawatan
(Pastikan sistem keamanan yang lengkap dan sudah bersertifikasi menjadi hal utama saat Anda memilih water heater. Selanjutnya untuk perawatan yang perlu di perhatikan adalah anti karat atau anti bocor agar water heater bisa awet untuk jangka panjang)







Dari pemaparan di atas, sesungguhnya saya pun yang tadinya ragu untuk memilih water heater akhirnya mendapat pencerahan. Juga melalui sesi tanya jawab yang berlangsung pada saat event kemarin dan dapat saya pelajari.  Pilihan yang sesuai dan cocok untuk keluarga saya yaitu produk Ariston Slim 30, karena Ariston Comfort Always On, sudah di jamin bersertifikat dan di buat oleh para ahli.

Why Slim 30?

Berikut keunggulannya:
- New and modern design
(design mewah dan modern futuristik yang di rancang oleh Umberto Palermo, serta di lengkapi fitur teknologi terbaik dari Ariston Thermo Group)
- Compact / Space saving
(Menghemat banyak ruang dan membuat dekorasi ruangan kamar mandi menjadi lebih stylish)
- Hot shower ready indicator
(Adanya indikator untuk menginformasikan pengguna saat suhu yang di inginkan telah tercapai dan air panas sudah siap di gunakan)
- Time saving
(Ariston Slim 30 memiliki tangki Ganda dengan sistem pemanas terpisah, sehingga dapat mempercepat proses pemanasan, dan juga di lengkapi dengan lampu indikator berwarna biru yang akan menyala ketika tangki sudah terisi dan siap di gunakan, jadi bisa menghemat energi)
Nah bagaimana dengan para moms sekarang? Kira-kira sudah bisa tergambar dan membayangkan betapa simpel dan praktisnya rutinitas pagi kita jika menggunakan pemanas air dari Ariston ini. Sesuai dengan tagline-nya yaitu Ariston always comfort on, sepertinya Ariston Thermo Indonesia benar-benar menjawab segala masalah sekaligus meringankan beban para mommies menyiapkan air hangat untuk mandi keluarga di rumah.





Senang sekali bisa berbagi sekaligus sharing hal positif bersama para mommies pada saat event kemarin. Semoga komunitas Mommies Daily bisa terus mengadakan event dan bekerja sama dengan brand-brand ternama serta mendatangkan ahli di bidangnya. Thank you for having me and sukses terus Mommies Daily dan Ariston Thermo Indonesia :)

Komentar

  1. waaa byk ya manfaatnya. tp emang mandi air hangat apalagi di musim hujan itu nikmat bgt ya MasyaAllah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangett buyuu.. dulu sebelum punya anak rasanya bisa nikmatin mandi air anget cuma di hotel2 aja tapi makin ke sini anak makin banyak kok ya rasa2nya malah jadi butuh yaa hehee..

      Hapus
  2. Wah iya benerrr banget ini.. namanya punya anak2 ya, harus siap tiba2 mandi malam kena tumpahan makanan lah, kena kotoran dll.. praktis banget ya kalau ada pemanas Ariston... thanks for sharing miyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbaa.. iyaa bener bgt suka unpredictable kan ya kalo udah punya bocah.. yang tadinya ga butuh jadi butuh jg.. selain itu emak bapaknya kan jug bs sekalian nikmatin main air anget yakhann wkwk..

      Hapus
  3. Aku kirain masak air panas pake kompor bakalan lebih murah ternyata kalo diitung2 malah lebih hemat pakai pemanas air Ariston yaa.. Hehe.. Emang dasar bu ibuk yaa wajib diitung2 dulu. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benerr aku punn tadinya berpikir begitu.. ternyata udah ada itung2an detailnya yaa hehee

      Hapus
  4. Rommyy, kalau nyiapkan air mandi manual rebus air, harus air panas semuanya trus dibiarkan sampai menghangat, atau air panasnya dikit aja lalu dicampur air dingin? *eh salah fokus ya nanya-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku biasanya air panas semuanya tiaa hehee gatau deh bener apa engga.. tapi kalo kelamaan ya kynya suka di campur sih dikit2..

      Hapus
  5. masak aer buat anak2 mandi aku bangeeet hahahahaha. Dari dulu maju mundur juga beli water heater karena serem kalau pake listrik & gas, cuma kalau beli yg pake sinar matahari kok mahal tenaaan hahahaha. Pengen cobain deh ariston yang ini, nanti ku cek bebi cek ke counternya aah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba sandraaa.. ceki2 di toko pasti ariston yang masih paling juara banyak pilihannya dehh hehehe

      Hapus
  6. Setuju emang paling repot bagian mindahin air panas dari atas kompor ke bak mandi baby. Aku juga jadi mempertimbangkan untuk pasang pemanas air nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kynya kalau udh punya bayi mah ky udah jadi kebutuhan yaa punya pemanas air ini ya huhuu

      Hapus
  7. Tiap pagi banget ini aku masak aer buat bayik, jadi kepengen ceki2 si Ariston ini deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekomendasi bgt inii ariston soalnya insyaallah paling lengkap kapp pilihannya di toko sesuai sama kebutuhan kitaa hehee

      Hapus
  8. Wah iya ini ariston andalan banget dari dulu.. Alhamdulillah dirumah sdh pakai ariston dan awet sampai sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh udh brp taun mbawitt pakai ariston inii? masih bagus yaa sampai skrg..

      Hapus
  9. Tosssss.. cuss pakai Ariston lah biar kita jadi antimasakmasakairclub

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an ada rejekinya ya bundoo.. wkwk antimasakmasakairclub lahh

      Hapus
  10. Pulang kerja paling enak mandi air anget emang. Ariston ini terkenal awet sih ya, ternyata makin hari makin inovatif juga. Ntaps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangett.. itu keknya malah jadi salah satu me time yaa kalau udh maindi air anget sampe rumah hehe

      Hapus

Posting Komentar